Kursor

Powerpuff Girls - Blossom, Buttercup, Bubbles

Jumat, 26 Februari 2016

Kartun Pertama di Dunia



Lah, kenapa mickey mouse bentuknya gitu ya? Hihihi ^^ itu mickey mouse pada tahun 1928. Beda banget kan ya dari bentuk mickey mouse yang sekarang. Nah, pada postingan kali ini, aku bakal bahas tentang kartun pertama di dunia.Yups! Kartun pertama di dunia diciptakan oleh The Walt Disney Company, perusahaan animasi paling besar di dunia. Kartun pertama yang diciptakan oleh mereka adalah tokoh Mickey Mouse dan Donald Duck. Mau tau gak bentuk Donald Duck yang pertama? Tarrraaaa!!!
 
Tahun segitu, aku belum lahir, jadi yang kerasa kartun Mickey Mouse dan Donald Duck sekarang sudah ganteng banget dan berwarna.Yuk, kita bahas dulu kartun pertama di dunia ini.Walt Disney, yang merupakan animator, pengisi suara animasi, produser dan sekaligus sutradara itu ternyata mendapat inspirasi untuk menggambar Mickey Mouse ketika ia sedang berjalan-jalan di ladang milik pamannya. Ia melihat seekor tikus sedang berlarian di ladang pamannya tersebut. Akhirnya, Walt mencoba menggambar sketsanya dan jadilah MICKEY MOUSE.

Mickey Mouse mulai menjadi bintang animasi pada tahun 18 November 1928. Film pertamanya berjudul Steamboat While, yang videonya ada diatas tuh hehe. Mickey Mouse sangat menjadi bintang pada tahun itu. Bahkan, Mickey Mouse telah memiliki 100 film di era tersebut. Tokoh Mickey Mouse-lah yang menjadi dewa rezeki bagi Walt. Awalnya, bentuk Mickey Mouse sangatlah sederhana, sangat berbeda dengan bentuknya yang sekarang. Tidak ada hiasan warna seperti saat ini. Warna tubuh Mickey Mouse hanya hitam dan putih. Penggambaran yang sederhana ini, dibuat oleh Walt agar memudahkan proses produksinya. Dengan bentuk mata yang besar dan hanya berpakaian celana yang dilengkapi dua kancing. Ekor yang panjang menjadi ciri khas Mickey Mouse pada saat itu. Pengisi suara pada tokoh Mickey Mouse adalah Walt Disney sendiri, maka tak heran jika Walt sering disebut sebagai Mickey. Mickey Mouse juga menjadi ikon terkenal sampai sekarang bagi perusahaan animasi terkenal tersebut, Walt Disney Company. Namun, pada tahun 1950-an, lambat laun rating Mickey Mouse mulai menurun karena munculnya animasi pesaing yaitu Tom and Jerry. Untungnya, di jaman sekarang, maupun Walt Disney dan Tom and Jerry sama-sama masih dalam kejayaan ya, hehehe ^^

Oke, lain cerita dari Mickey Mouse, justru Donald Duck mempunyai cerita sendiri saat ia pertama kali muncul sebagai animasi kartun.
Agak berbeda dari temannya, Donald Duck pertama kali hadir malah bukan dari film pertamanya. Ia muncul dalam sebuah film kartun berjudul The Wise Little Hen. Namun, untuk pengisi suaranya, justru bukan Walt Disney. Melainkan Clarence Nash. Dari Clarence Nash pula, Walt Disney mendapatkan ide untuk menggambar Donald Duck, yang saat itu mendengarkan Clarence Nash menirukan suara bebek saat membacakan cerita "Mary Had a Little Lamb". Barulah, pada tahun 1936, Donald Duck muncul dalam kartunnya sendiri, berjudul Don Donald.

Donald Duck mempunyai karakter yang berbeda dari tokoh Disney yang lainnya, karena mempunyai ciri khas terampil dalam segala bidang dan sering berganti pekerjaan di dalam film kartunnya. Seringnya Donald Duck berganti pekerjaan juga tidak lepas dari sifat karakter yang dimiliki oleh Donald, yaitu sering mudah marah alias emosional. Berbeda pula dari Mickey Mouse, Donald Duck hadir dengan suasana yang berbeda. Tubuh Donald Duck telah memiliki gradasi warna yang sangat baik. Maka tak heran pula, walaupun dengan sifatnya yang mudah marah, Donald Duck juga menjadi bintang yang selalu ditunggu-tunggu oleh anak-anak pada tahun tersebut. Tak mau kalah dari Mickey Mouse, Donald Duck juga menjadi ikon terkenal sampai sekarang di Walt Disney Company. Ia juga menjadi maskot di Angkatan Udara Amerika Serikat. Woooo, sukses ya dua-duanya.

Bertambah lagi deh pengetahuan kita hari ini. Walaupun kita tidak sempat menikmati film kartun Mickey Mouse dan Donald Duck pada pertama kali diluncurkan, setidaknya kita bisa paham tentang sejarah keduanya. Mengasyikkan kan belajar tentang kartun haha ^^ tungguin terus postingan selanjutnya yaaaa. Bye!!

6 komentar:

  1. wah ternyata mickey mouse & donald duck lebih tua ya dari kita

    BalasHapus
  2. Nah kalo mickey mouse dulu bentuknya gitu, mulai kapan dong jd ganteng kayak skrang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di tahun 1930 sudah mulai ganteng kak si mickey-nya. Di tahun 1960 mulai deh berwarna..

      Hapus