Kursor

Powerpuff Girls - Blossom, Buttercup, Bubbles

Rabu, 24 Februari 2016

Perbedaan Anime dan Animasi

Holaaaaaa... aku mau cerita dikit nih, kemarin kan abis ketemuan sama temen les matematika SD dulu. Trus mulai deh keluar jurusku buat promosiin blog ini. Secara, dari kecil kita temenan, aku tau banget dia suka sama kartun jepang atau biasa disebut Anime. Aku juga berniat buat bahas tentang anime di blog ini dalam beberapa waktu ke depan. Lama-lama kita ngobrol, dia sempat nantang aku nih buat jawab pertanyaannya dia. "Apa perbedaan dari anime dan animasi?". Ku jawablah, ya sama, mereka kan sejenis kartun.
Waahhh...dita belom bisa disebut pecinta kartun sejati niihhhhh.
Itu kata temenku, dan karena gak terima, ku tanyalah sama dia, emang apa bedanya anime dan animasi? Lalu dia mulai menjelaskan hihi^^
Jadi...anime dan animasi itu beda. Mungkin ada beberapa temen-temen disini yang juga belom tau apa bedanya anime dan animasi. Tanpa kita sadari, walaupun mereka sama-sama kartun, ada perbedaan diantara keduanya. Yuk kita bahas disini!! Yeay!
Animasi adalah gambar bergerak. Seperti yang pernah kita bahas di postingan sebelumnya, animasi adalah kemajuan kartun di jaman sekarang. Yaitu kartun dengan gambar bergerak. Dari kartun yang awalnya hanya berupa gambar biasa yang dijadikan satu, hingga pada era sekarang kartun merupakan gambar yang bergerak karena bantuan dari alat teknologi seperti komputer. Namun, animasi sendiri juga bukan hanya kartun saja. Animasi juga sering dikaitkan dengan film animasi, seperti film Garfield. Film Garfield mempunyai tokoh kucing yang di dalam film tersebut memakai efek animasi. Sedangkan tokoh lainnya adalah nyata atau manusia asli. Sedangkan anime adalah sebutan lain untuk kartun jepang. Anime mempunyai gaya penggambaran seperti komik jepang atau biasa disebut manga.

Nah, sebenarnya animasi dan anime adalah sebutan lain untuk membedakan antara kartun asal Amerika Serikat dan kartun asal Jepang. Ada beberapa hal pula yang membuat kartun dari dua negara ini menjadi berbeda. Contoh dari animasi adalah Tom and Jerry, sedangkan contoh Anime adalah Astro Boy. Keduanya sama-sama merupakan kartun. Tapi penamaannya yang berbeda. Astro Boy sering disebut sebagai anime karena merupakan kartun yang berasal dari Jepang ciptaan Ozamu Tezuka. Dan Tom and Jerry disebut animasi karena penciptanya William hanna dan Joseph Barbera merupakan kartunis asal Amerika Serikat.
Lalu, apa lagi yang membuat antara contoh dua kartun ini menjadi berbeda? Yuk, kita lihat lebih teliti lagi...

Gambar disamping merupakan tokoh dari anime Astro Boy

Sedangkan gambar ini, adalah tokoh animasi Tom and Jerry.

Kita mulai dari anime terlebih dahulu ya..
Dari penggambaran mata, anime mempunyai keunggulan yang sangat hebat. Pada anime, tokoh-tokoh kartun yang diciptakan mempunyai bentuk mata yang sangat lebih jelas dan spesifik. Bisa kita lihat tuh, Astro Boy terlihat mempunyai bentuk mata yang sangat indah, sampai-samlai bentuk bola mata dan pupilnya samar-samar bisa tampak. Sedangkan animasi, biasanya tidak memakai proporsi tubuh manusia. Sehingga penggambaran mata pada Tom and Jerry pun tidak terlihat spesifik. Maupun pada tokoh Tom dan Jerry sama-sama tidak terlihat mempunyai bentuk penggambaran mata yang rumitm


Karena pada penggambaran suatu bentuk fisik lebih rumit, maka anime juga memakai Line Art atau penebalan garis pada penggambarannya pun juga lebih ditekankan. Agar menciptakan hasil gambar yang seperti nyata. Sedangkan animasi, tidak terlalu memainkan Line Art terlalu banyak karena tokoh-tokoh animasi jarang memakai perwujudan manusia.

Masih menyambung soal penggambaran yang rumit di anime, maka tak salah jika anime lebih memakai banyak gradasi warna pada gambarnya. Gradasi warna tersebut untuk membedakan penggambaran detailnya, misal warna antara bola mata dengan pupil. Sedangkan animasi, tidak banyak memakai gradasi warna karena penggambarannya yang simple. 

Sekarang kalian tau kan perbedaannya anime dan animasi? Itu baru perbedaan di segi penggambaran. Masih ada perbedaan di segi alur cerita. Yuk, baca lagi!!
 Kita mulai dari animasi dulu ya yang sekarang hehe ^^ animasi mempunyai alur cerita yang singkat dan ringan. Sasarannya biasanya kepada anak-anak untuk memberi hiburan kepada mereka. Anak-anak yang belum bisa terlalu menalar lebih cocok menonton animasi. Karena animasi tidak membutuhkan penalaran bagi penontonnya. Seperti Tom and Jerry, di setiap episodenya, Tom and Jerry akan mengakhiri episodenya dengan baik. Tidak bersambung. Sehingga penonton tidak perlu menalar kelanjutan episodenya. Sedangkan anime, mempunyai alur cerita yang rumit. Sasarannya adalah untuk anak-anak atau penonton yang sudah mampu menalar. Dalam ceritanya pun biasanya anime menyajikan cerita yang menantang. Seperti Astro Boy, dalam setiap episodenya akan berakhir dengan bersambung. Penonton akan menalar sendiri-sendiri sebelum menonton episode selanjutnya.

Dan yang terkahir adalah pemakaian suara. Dalam animasi, pemakaian suara lebih banyak memakai bantuan dari efek komputer. Seperti Tom and Jerry, yang memakai efek berlari, jatuh, dan lain-lain dengan bantuan komputer. Namun tak semua animasi seperti ini. Majunya dunia teknologi dan informasi, membuat animasi juga pada akhirnya menyewa seorang artis untuk mengisi suara animasi sekaligus bernyanyi untuk OST. animasinya, seperti Frozen karya Walt Disney. Sedangkan anime, pasti akan selalu menyewa seorang artis atau band untuk membuat suatu lagu sebagai OST animenya. Seperti Astro Boy, Doraemon, Sinchan, dan lain-lain. Lagu tersebut pun juga harus disesuaikan dengan genre cerita yang disajikan dalam anime tersebut.
Jadk, kalian sudah paham kan bedanya anime dan animasi? Hihi ^^ jangan sampe keliru nyebut lagi yaaaa. Mungkin ada beberapa teman-teman disini tidak peduli mau menyebut kartun anime atau animasi. Toh sama-sama kartun. Tak masalah jika kalian berpikir seperti itu. Hak kalian untuk menyebutnya apa. Tapi, setidaknya pengetahuan kita bertambah untuk hari ini hehehe. Okay! Lanjut di postingan berikutnya yaaaa. Bye!

7 komentar: