Kursor

Powerpuff Girls - Blossom, Buttercup, Bubbles

Senin, 09 Mei 2016

8 Kartun Sepanjang Masa - Part 1

Kalian pasti punya dong kartun favorit dari semasa kecil? Kalo aku sih, kartun favorit itu DORAEMON. Nah, ada beberapa kartun animasi dan anime yang tetap eksis sampai sekarang. Mereka mulai berkibar dan mencapai kepopularitasan dari tahun '90an sampai abad 20 modern gaul kayak sekarang gini hehe. Dan hebatnya lagi, walaupun sudah berpindah-pindah generasi yang menonton kartun tersebut, beberapa kartun ini tetap dicintai meskipun warnanya terkadang lebih buram daripada warna kartun jaman sekarang. Yuk, mari kita lihat.

1. CASPER


Siapa coba yang gak kenal sama hantu kecil yang lucu dan baik ini? Kartun Casper merupakan kartun animasi yang diciptakan dengan gabungan antara manusia dengan kartun. Perpaduan yang menarik ya ^^ Dalam film animasi Casper ini, mencoba untuk merubah sudut pandang penonton melihat sosok hantu bukan sosok menyeramkan tetapi hantu yang menyenagkan, baik, ramah, lucu bakan mau bersahabat dengan manusia. Casper dibuat oleh Seymour Reeit dan Joe Oriolo sekitar tahun 1930-1n akhir. awalnya, karakter dan ilustrasi Casper dibuat sebagai dasar untuk buku cerita anak-anak pada tahun 1939. Namun, Seymour tewas dalam Perang Dunia Kedua dan  Joe menjual bukun tokoh Casper pada Paramount Pictures divisi Famous Studio Animation. 
Di adopsi dari buku yang diciptakan oleh Seymour dan Joe, akhirnya Paramount Pictures membuat film kartunnya dengan judul The Friendly Ghost. Dimulai dari film pertama inilah, Casper digambarkan menjadi sosok hantu yang menyenangkan dan ingin menjadi sahabat seorang manusia serta ingin berbeda dari teman-teman hantu lainnya. 

2. POPEYE


Sama nih kayak Casper yang sudah bertahun-tahun tetap jaya sampai sekarang, Popeye, si Pelaut yang Doyan Bayam ini juga gak kalah eksis sampai sekarang. Walaupun saat ini Popeye sudah tidak pernah lagi muncul di layar televisi, tetapi karakternya masih tetap melekat di hati penontonnya terutama anak-anak. Sampai-sampai nih, ada games dan fashion baju serta celana yang bertokohkan Popeye. Popeye bercerita tentang seorang pelaut bernama Popeye yang mempunyai sifat heroik dan mempunyai tenaga yang kuat ketika memakan sayur bayam. Tokoh Popeye diciptakan oleh Elzie Cisler. Ia ingin menciptakan tokoh Popeye yang berbeda dengan tokoh kartun yang lain. Salah satunya adalah dengan membuat lengan Popeye yang besar ketika telah makan bayam dan menambahkan tatto bergambar jangkar. Ia juga menciptakan tokoh Popeye yang akan seetia berkorban untuk kekasihnya, Olive. Dan pastinya mempunyai musuh, Brutus.
 Film Popeye pertama kali ditayangkan pada tahun 1919. Wehhhh...sudah berapa tahun ya kalau sekarang? Sekitar 97 tahun-an yaaaa. Wooohoo!!

3. SCOOBY DOO


Nah, kalau kartun Scooby Doo ini, aku akuin kalo ikonik banget! Melegendaaaaaa....sampai sekarang ajaa masih ada dalam versi film manusia, kartun, komik, games, dan yang lainnya. Dan sampe sekarang masih tetap ditayangkan berulang-ulang di berbagai stasiun televisi, apalagi kalau sudah jamannya liburan sekolah. Kartun Scooby Doo pertama kali ditayangkan pada tahun 1969 serta tokoh Scooby Doo yang menjadi tokoh utama dalam kartun ini dibuat menjadi seorang anjing Great Dane agar menjadi anjing terbesar dan kuat serta tangguh dan lincah sama seperti anjing Great Dane sebenarnya. Dalam cerita ini juga Scooby Doo menjadi anjing yang cerdik dan mempunyai banyak ide untuk membantu teman-teman kelompok pemecah misterinya mengalami kesusahan dan masalah.
Kartun Scooby Doo diciptakan oleh Joe Ruby, Ken Spears, dan Iwao Takamoto untuk Hanna -  Barbera  Productions. Karena karya-karyanya yang melonjak itulah, Scooby Doo akhirnya dibeli oleh Warner Bross pada tahun 1997. Scooby Doo juga identik dengan tim pemecah misterinya yang beranggotakan Fred, Daphne, Velma, dan Shaggy.

4. LOONEY TUNES

Nama Looney Tunes mungkin jarang nih terdengar sama anak-anak kecil jaman sekarang. Karena sebenarnya Looney Tunes merupakan serial kartun di televisi. Serial ini diproduksi oleh Warner Bross. Jadi, setiap episode dalam Looney Tunes, memiliki berbagai macam penokohan dan alur cerita yang berbeda-beda pula. Seperti, Daffy Duck seekor bebek, Bugs Bunny seekor kelinci, Lola Bunnys sebagai kekasih Bugs Bunny, Tasmanian Devil, Road Runners seekor burung yang larinya kencang, Sylvester seekor kucing, Tweety seekor burung yang cantik dan imut, dan yang lainnya. Nah, kalau nama tokoh-tokoh tersebut, sudah pada denger kan? Mereka lah yang tergabung dalam Looney Tunes !!! Kartun ini pertama kali ditayangkan pada sekitar tahun '80an.
Sekarang, Looney Tunes juga hadir dalam versi games loh. Cukuplah untuk mengobati rasa rindu kepada Looney Tunes hehehe.

Penasaraannnn 4 kartun yang legendaris selanjutnya? Yuk cek postingan selanjutnya! 

3 komentar:

  1. Popey si pelaut tut tut. . . nadanya masih terngiang sampe sekarang heheh

    BalasHapus
  2. scooby sekarang udah gak main yah kak

    BalasHapus
  3. Sedih deh sekarang udah jarang film kartun :(

    BalasHapus